Cara Memformat SSD di Windows 10

Cara Memformat SSD di Windows 10

Bhutanialphathum.net – Cara Memformat SSD di Windows 10. File Explorer memudahkan untuk memformat solid-state drive (SSD). Hanya butuh beberapa detik. Tetapi bagaimana Anda melakukannya, dan sistem file apa yang harus Anda gunakan? Apa yang perlu Anda ketahui tercantum di bawah ini.

Memformat SSD Di File Explorer

Di Windows 10, ada beberapa cara berbeda untuk memformat SSD. Kebanyakan dari mereka, seperti alat Manajemen Disk, lebih dari yang Anda butuhkan untuk tugas sehari-hari. Gunakan File Explorer untuk memformat SSD. Ini adalah cara termudah untuk melakukannya.

Sebagian besar waktu, desktop Anda akan memiliki ikon yang disebut “PC ini.” Jangan khawatir jika tidak ada. Anda masih bisa mendapatkannya. Sementara itu, buka menu Start, ketik “File Explorer” di bilah pencarian, lalu tekan “Enter” atau klik “Open.”

Cara Memformat SSD di Windows 10

Di sisi kiri menu Mulai, Anda juga dapat mengeklik ikon “Dokumen” atau “Gambar”.

Cara Memformat SSD di Windows 10

Lihat sisi kiri File Explorer dan klik “PC ini.”

Cara Memformat SSD di Windows 10

PC ini akan mencantumkan semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer Anda, seperti hard drive internal dan eksternal dan SSD, drive flash USB, drive CD, DVD, atau Blu-Ray, dan beberapa perangkat jaringan.

Cara Memformat SSD di Windows 10

Anda harus menemukan drive yang ingin Anda format. Luangkan waktu Anda, karena Anda tidak ingin memformat drive yang salah secara tidak sengaja. Setelah Anda memformat drive, kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan kembali data apa pun.

READ  Cara Backup Pesan WhatsApp Agar Tidak Hilang Setelah Reset

Pastikan tidak ada informasi penting pada drive, lalu klik kanan dan klik “Format.”

Cara Memformat SSD di Windows 10

Ada beberapa opsi penting pada layar format. Sebagian besar waktu, Anda hanya perlu khawatir tentang kotak “Sistem File”, kotak “Label Volume”, dan kotak “Format Cepat”. Dengan mengisi kotak “Volume Label”, Anda dapat memberi SSD nama apa pun yang Anda inginkan. Namun, sebaiknya gunakan nama yang jelas. Jika Anda memiliki tiga drive dengan nama seperti “asdhjkb”, “dhfjshi”, dan “quiwehnsd”, Anda mungkin akan bingung di kemudian hari.

Cara Memformat SSD di Windows 10

Sistem File untuk SSD Internal

Jika Anda memformat drive internal yang hanya akan digunakan pada Windows 10, Anda harus memilih NTFS sebagai sistem file Anda. Sejak Windows 3.1, sistem file default untuk Windows adalah NTFS, yang merupakan singkatan dari “Sistem File Teknologi Baru.”

Sistem File untuk SSD Eksternal

Saat Anda memformat SSD eksternal, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk sistem file. Jika Anda hanya ingin menggunakan drive eksternal dengan Windows atau Linux, NTFS adalah pilihan yang baik. MacOS juga dapat membaca dari drive NTFS, tetapi tidak dapat menulis ke drive tersebut secara default. Namun, jika Anda bersedia melakukan beberapa pekerjaan, Anda bisa.

READ  Kode Remote AC Sharp dan Cara Settingnya, Panduan Lengkap

Jika Anda ingin menggunakan SSD eksternal dengan banyak perangkat berbeda, Anda mungkin ingin memilih format lain yang lebih banyak didukung. Baik FAT32 dan exFAT didukung oleh semua sistem operasi modern dan konsol game, tetapi FAT32 tidak dapat menangani file yang lebih besar dari 4 GB.

Anda mungkin harus memilih exFAT jika Anda tidak memikirkan penggunaan khusus. Mudah digunakan, tidak memakan banyak ruang, dan tidak memiliki batasan praktis pada ukuran file atau volume.

Menggunakan Format untuk Menghapus Data

Jika Anda memiliki SSD, jangan gunakan opsi “Format Penuh”. Itu tidak perlu karena Windows akan menghapus file dari SSD secara otomatis jika TRIM dihidupkan, dan ini akan mempersingkat waktu penggunaan SSD Anda. Jika Anda ingin menghapus data, yang Anda butuhkan hanyalah format cepat.

Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan Format Penuh

Sepuluh tahun yang lalu, di galaksi yang sangat jauh, Anda harus menggunakan opsi “format penuh” untuk memastikan bahwa semua data Anda telah dihapus dari hard drive Anda. Bahkan dengan hard drive biasa, Anda masih perlu melakukannya. Format Penuh sebenarnya menulis 0 di setiap tempat di hard drive, menghapus semuanya. Ini tidak sempurna, dan tim forensik yang rajin mungkin dapat memulihkan beberapa data, tetapi itu cukup untuk menjaga informasi Anda tetap aman dari rata-rata orang yang mungkin mengambil hard drive lama Anda.

READ  10 Nama Efek/Filter IG yang Ada Lagunya 2022

Solid-state drive modern masih menggunakan 1s dan 0s untuk menyimpan data, tetapi mekanisme fisik yang membuat ini terjadi sangat berbeda. Angka 1 dan 0 disimpan pada piringan magnetik di hard drive, tetapi dalam solid-state drive, mereka disimpan dalam “sel” yang diisi atau tidak diisi untuk mewakili 0 atau 1.

Satu masalah dengan penyimpanan solid-state adalah Anda hanya dapat menulis ke setiap sel beberapa kali sebelum berhenti bekerja. SSD modern dapat dengan mudah menangani penulisan beberapa ratus gigabyte data per hari selama bertahun-tahun tanpa gagal, tetapi sebaiknya hindari menulis kepada mereka saat Anda tidak perlu melakukannya. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh menggunakan opsi format penuh pada SSD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.